22Jun

Kembali ke Tempat Kerja Pasca Pandemi dengan Aman!

Sebelum pandemi COVID-19, tempat kerja yang kekinian adalah tempat kerja yang menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk berkolaborasi, berkonsentrasi dan membina hubungan yang memungkinkan setiap karyawan untuk mencapai lebih banyak. Setelah pandemi COVID-19 terjadi dan ekonomi kembali dibuka, pengendalian infeksi di tempat kerja menjadi prioritas utama. Mengapa hal ini penting?

Keselamatan dan kesejahteraan karyawan haruslah yang terpenting – orang harus aman dan merasa aman. Organisasi perlu mengambil tindakan untuk memastikan : 1.secara fisik, karyawan bekerja dapat tetap sehat dan minimal terpapar virus yang menyebabkan penyakit; 2. secara mental, karyawan tidak takut akan keselamatan pribadinya karena hal ini dapat mengalihkan perhatiannya dari fokus kerja dan produktivitas kerja; 3.secara emosional, karyawan yakin bahwa pemberi kerja melakukan segala upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.

Di samping penerapan protokol kesehatan dan kebersihan, ada 3 (tiga) prinsip utama menciptakan tempat kerja pasca pandemi yang aman yaitu
1. Kepadatan (Density) = jumlah orang per sqm.
2. Pembagian Ruang (Division) = pembagian ruang dengan panel, layar atau pembatas.
3. Tata Letak (Layout) = tata letak furnitur.

 

Jaga Jarak

Jarak minimum 2 meter antar orang di ruang kerja terbuka, ruang rapat, kafe dan lounge. Kurangi kepadatan dengan pola duduk yang menghilangkan orang di samping, di depan dan di belakang, dengan cara misalnya pengaturan shift kerja antara yang bekerja dari rumah (wfh) dan dari kantor (wfo).

 

Letakan Tanda-Tanda Visual

Tempatkan tanda-tanda visual untuk mengidentifikasi atau menyarankan jarak yang tepat antar karyawan. Panah di lantai dapat digunakan untuk mengarahkan arus lalu lintas satu arah di lorong yang sempit.

 

 

Pembatasan Jumlah Orang di Ruang Rapat

Tentukan jumlah orang di ruang rapat tertutup. Jika memungkinkan gunakan ruang rapat terbuka untuk pertemuan lebih dari 5 orang dengan menggunakan furnitur, papan tulis dan pembatas yang mudah dipindahkan.

 

 

Gunakan Pembatas

Ketika jarak minimum 2 meter tidak dapat dicapai, tambahkan tabir atau panel di depan, samping dan belakang orang. Penggunaan material yang mudah dibersihkan untuk tabir atau panel turut menjamin higienitas ruang.

 

 

Tambahkan Pembatas Ruang

Tambahkan pembatas pada ruang kerja yang ada dengan menambahkan partisi, elemen tempat penyimpanan atau tanaman.

 

 

Rekonfigurasi Furnitur

Rekonfigurasi meja kerja untuk mengurangi posisi berhadapan menjadi posisi linear untuk menghindari pekerja berhadap-hadapan langsung atau membelakangi satu sama lain.

 

 

Furnitur Berjarak

Memisahkan sofa, kursi atau meja di ruang lounge atau ruang rapat untuk menjaga jarak antar orang paling tidak 2 meter.

 

 

VINOTI Office memiliki 3 pendekatan inovasi yaitu option, menyediakan beragam pilihan furnitur; trend, selalu mengikuti tren desain terkini dan wellness, mengutamakan kesejahteraan penggunanya dengan menyediakan furnitur yang ergonomis serta menggunakan material yang baik bagi kesehatan. Untuk itu VINOTI Office secara progresif menjawab kebutuhan tempat kerja yang memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan yang baru pasca pandemi.

Simak contoh furnitur pasca pandemi berikut ini:

 

Konfigurasi Desking
Saat ini


Retrofit

 

Konfigurasi Desking Industrial

Saat ini

Retrofit

 

 

Konfigurasi Panel

Saat ini

Retrofit

 

Untuk keterangan lebih lanjut produk pasca pandemi yang baru ini, kami dapat dihubungi di melalui chat box atau kolom contact us di pojok kanan bawah halaman ini.

ABOUT THE AUTHOR

admin_vinoti
Creative & Brand Designer for Vinoti, an affiliation to Vivere