work life balance
21Oct

5 Tips Menjaga Work-Life Balance Selama Pandemi

Sejak pandemi menyerang, kesehatan mental jadi sangat rentan terganggu. Keharusan untuk bekerja dari rumah, melakukan phyisical distancing, dan berkutat dengan rutinitas yang itu-itu saja pun secara tidak langsung memengaruhi work-life balance kita.

Jika terjadi berlarut-larut, hal tersebut akan berdampak pada produktivitas Anda jangka panjang. Lantas, bagaimana sih caranya agar work-life balance tetap terjaga selama pandemi?

1.      Atur Waktu Istirahat

waktu istirahat

Mengatur waktu istirahat adalah kunci keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Jika tak istirahat cukup, konsentrasi Anda bisa terganggu dan dampaknya produktivitas pun menurun. Anda bahkan sangat mungkin mengalami tekanan emosional akibat kekurangan waktu istirahat. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup (sekitar 7 jam) setiap harinya.

2.      Buat Skala Prioritas

skala prioritas

Penting bagi Anda untuk menyusun daftar skala prioritas—mana pekerjaan yang harus didahulukan dan mana yang bisa diselesaikan nanti. Cara ini akan membantu pikiran untuk lebih fokus, sehingga tugas dapat selesai tanpa melewati deadline. Selain itu, hindari juga multitasking. Meski terkesan keren, multitasking ternyata kurang bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran, lho. Kebiasaan ini akan meningkatkan stres dan ketidakstabilan emosional.

3.      Jadilah Realistis

positive thinking

Merasa tidak punya pencapaian apa-apa adalah hal yang sangat wajar dirasakan hampir setiap orang di masa-masa sulit seperti sekarang. Maka usahakan untuk selalu berpikir positif dan realistis. Anda tidak seharusnya memaksakan diri untuk meraih sesuatu di luar jangkauan dan kemampuan Anda sekarang. Ingat, bisa tetap sehat dan waras selama pandemi saja sudah merupakan pencapaian yang luar biasa.

4.      Tetap Terhubung dengan Keluarga dan Teman

interaksi sosial

Burnout adalah kondisi yang sangat jamak terjadi selama pandemi COVID-19 ini. Hal ini jugalah yang mengakibatkan terganggunya work-life balance. Bagaimana mengatasinya? Bangkit dan carilah dukungan dari orang-orang terdekat. Hindari mengurung diri di kamar atau kerja tak kenal waktu. Sekadar bercengkerama dengan teman dan keluarga akan memberikan energi positif yang sedikit demi sedikit akan membantu Anda keluar dari stres. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ataupun sekedar melalui pertemuan virtual.

5.      Jaga Kesehatan Fisik

atlet sepeda

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan fisik Anda. Selain beristirahat cukup, luangkan waktu untuk berolahraga minimal seminggu tiga kali. Makan makanan bergizi seperti sayur dan buah juga akan membantu tubuh tetap sehat. Kurangi juga frekuensi bermain gadget dan bila perlu konsumsi suplemen tambahan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas bekerja adalah dengan merapikan workstation atau meja kerja di rumah. Gunakan ergonomic chair agar Anda tetap nyaman selama WFH. Jika Anda membutuhkan referensi toko furnitur kantor terbaik, VINOTI Office bisa menjadi opsi yang tepat. Ada banyak perlengkapan kantor berkualitas dengan harga terjangkau yang dapat dipilih. Selamat berburu office furniture terbaik!

ABOUT THE AUTHOR

admin_vinoti
Creative & Brand Designer for Vinoti, an affiliation to Vivere