desain home office
26Nov

Lebih Nyaman Bekerja dari Rumah dengan Desain Home Office

Work from home (WFH) atau kerja dari rumah saat ini sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Ditambah lagi, pandemi covid-19 juga memaksa sebagian besar perusahaan untuk memberlakukan sistem WFH kepada para karyawannya. Untuk menunjang kenyamanan bekerja dari rumah, Anda pun perlu mempersiapkan ruang kerja khusus atau biasa dikenal dengan istilah home office.

Home office merupakan kombinasi antara rumah dan kantor. Rumah dengan konsep seperti ini didesain tidak hanya memberi kenyamanan untuk seluruh anggota keluarga. Namun, Anda juga perlu memperhatikan faktor kenyamanan ruangan yang difungsikan sebagai tempat kerja. Dengan suasana kerja nyaman, Anda tidak akan mengalami gangguan saat menyelesaikan tugas dari perusahaan.

Tips Membangun Desain Home Office yang Nyaman

Saat membangun home office, ada 5 parameter penting yang dapat berpengaruh besar pada tingkat kenyamanan bekerja, yaitu:

#1. Pencahayaanpencahayaan ruangan yang cukup

Kualitas pencahayaan ruangan memiliki pengaruh dalam kinerja karyawan. Alih-alih menggunakan cahaya lampu, Anda bisa memanfaatkan cahaya alami. Pemakaian cahaya natural tidak hanya dapat membuat suasana ruangan jadi lebih terang. Namun, penggunaannya juga meminimalkan ancaman depresi. Oleh karena itu, pastikan bahwa ruang kerja memiliki jendela yang cukup dan dapat menjadi pintu masuk cahaya matahari.

Tidak hanya memperoleh pencahayaan natural, Anda dapat pula melengkapi ruangan dengan tanaman hijau. Penempatan tanaman dalam pot di dalam ruang kerja, menghindarkan suasana pengap. Selain itu, keberadaan tanaman tersebut juga dapat menimbulkan kesan seperti tengah berada di alam terbuka.

#2. Kerapihanmeja kerja tersusun rapi

Faktor kerapihan ruangan juga perlu menjadi perhatian serius saat mendesain home office. Anda perlu menghindari adanya tumpukan kertas dokumen yang bakal menimbulkan kesan ruangan yang sempit. Solusi untuk mengatasi tumpukan kertas itu dapat dilakukan dengan menyimpan berkas dalam bentuk digital atau menyiapkan lemari khusus untuk penyimpanan dokumen penting.

Kerapihan ruangan juga dapat ditinjau dari cara penataan kabel berbagai perangkat elektronik. Hindari adanya bentangan kabel yang dapat memberi kesan ruangan yang berantakan. Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan PVC yang dipasang di bawah meja untuk menyembunyikan kabel. Selain itu, manfaatkan teknologi nirkabel untuk menghubungkan antara masing-masing perangkat.

#3. Keserasian

warna furniture yang selaras

Anda memang bebas dalam menentukan konsep ruangan kantor di dalam rumah sesuai keinginan. Namun, desain yang dipilih harus memiliki kesesuaian dengan tema rumah secara umum. Sebagai contoh, pertimbangan pemilihan warna yang terlihat selaras dengan ruangan lain.

Kalau Anda memang ingin suasana kerja yang benar-benar berbeda, ada tips yang dapat dilakukan. Caranya adalah mendesain ruang kerja secara tertutup. Dengan cara seperti ini, Anda dapat memakai konsep yang berbeda tanpa perlu memperhatikan tingkat keserasian. Apalagi, penggunaan beberapa konsep dalam sebuah bangunan merupakan hal yang lumrah.

#4. Lokasi

Pemilihan lokasi ruang kantor di rumah juga perlu penting. Anda harus menempatkannya di posisi yang strategis. Hindari penempatan ruang kerja yang berpotensi memiliki suasana bising, seperti di dekat jalan raya, bersebelahan dengan kamar atau ruang bermain anak, dan sebagainya. Polusi suara di sekitar ruangan dapat mengganggu konsentrasi kerja Anda.

#5. Kualitas furniture

meja kantor berkualitas vinoti

Faktor terakhir dan tidak kalah penting, Anda perlu memilih furniture dengan kualitas yang bagus. Untuk memberi kesan yang segar, Anda bisa menggunakan perabotan dengan konsep minimalis. Konsep ini dapat memberi kesan suasana ruangan yang terlihat lebih luas dibandingkan ukuran aslinya. Untuk pemilihan perabotan ruang kerja, Anda dapat menemukannya di VINOTI Office. Di sini, Anda bisa menjumpai koleksi furniture kantor berkualitas bagus serta memiliki desain modern.

Demikianlah 5 tips penting yang dapat Anda cermati saat ingin membangun home office nyaman. Selamat bekerja dan semoga bermanfaat, ya.

ABOUT THE AUTHOR

admin_vinoti
Creative & Brand Designer for Vinoti, an affiliation to Vivere