25Feb

Gangguan yang Sering Muncul saat Kerja dari Rumah dan Cara Mengatasinya

Kerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi impian banyak generasi muda. Sistem kerja seperti ini membuat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dari kantor secara fleksibel. Di waktu bersamaan, Anda juga dapat menghabiskan quality time bersama seluruh anggota keluarga secara nyaman. Ditambah lagi, gaji pekerja WFH juga tidak kalah mentereng dibandingkan karyawan WFO (work from office).

Namun, gambaran kerja dari rumah tidak semulus bayangan banyak orang. Dibandingkan dengan lingkungan kantor, suasana rumah bukan merupakan tempat kerja yang ideal. Sebaliknya, Anda akan menemukan kalau aktivitas kerja dari rumah bakal mendapatkan banyak gangguan. Tak menutup kemungkinan kalau disrupsi tersebut dapat berdampak pada penurunan produktivitas secara signifikan.

Untuk menjaga kualitas kerja selama WFH, Anda perlu mengenali potensi gangguan yang dapat muncul serta cara mengatasinya. Terdapat 5 jenis gangguan utama yang bakal sering Anda hadapi, yaitu:

 

  • #1. Depresi

 

Gangguan pertama yang berpengaruh pada kinerja karyawan WFH adalah depresi. Hal ini dapat terjadi karena pola kerja dari rumah ternyata memiliki tingkat stres lebih tinggi dibandingkan WFO. Penyebab stres di kalangan pekerja WFH sangat beragam, termasuk di antaranya adalah kurang istirahat, minimnya fasilitas pendukung, suasana kerja yang tak kondusif, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi gangguan depresi saat WFH, Anda dapat mencoba berbagai solusi. Berbagi cerita dengan orang terdekat adalah solusi paling sederhana. Selanjutnya, Anda bisa pula membiasakan diri untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyusun jadwal harian.

 

 

  • #2. Gangguan pihak ketiga

 

Ketika bekerja dari rumah, Anda bakal menemukan banyak gangguan yang berasal dari pihak ketiga. Contoh gangguan pihak ketiga di antaranya adalah tetangga yang ribut, permintaan tolong istri, anak yang mengajak bermain bersama, dan lain sebagainya. Hal tersebut memang terlihat remeh. Namun, kalau berlangsung secara terus-menerus dapat membuat Anda merasa sangat terganggu.

Untuk menghadapi adanya gangguan pihak ketiga, Anda dapat menyempatkan waktu beristirahat singkat di tengah aktivitas kerja. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat singkat itu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Kalau mau, Anda dapat pula menggunakan waktu istirahat tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, membantu istri, atau bermain dengan si kecil.

 

  • #3. Kenyamanan tempat kerja

 

Pekerja WFH harus mampu menyelesaikan pekerjaannya dalam situasi apapun. Hanya saja, ada problem serius berkaitan dengan kenyamanan tempat kerja yang menjadi tantangan besar. Kerja di ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar tidak senyaman seperti ruang kerja. Tempat duduk yang tidak ergonomis juga membuat Anda kesulitan untuk mengerjakan tugas kantor secara fokus.

Solusi untuk permasalahan ini sebenarnya sangat sederhana. Anda dapat menyiapkan ruang kerja khusus di dalam rumah. Tak ketinggalan, Anda juga perlu melengkapinya dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti kursi ataupun meja kerja. Solusi terbaiknya bisa Anda dapatkan dengan membeli produk dari VINOTI Office.

 

  • #4. Manajemen waktu

 

Kerja dari rumah memerlukan manajemen waktu yang baik. Apalagi, pekerja WFH bakal mendapatkan pengawasan minim dari atasan. Tanpa manajemen waktu yang baik, pekerjaan bakal terbengkalai. Solusinya, pastikan Anda menyusun jadwal secara terperinci. Selain itu, selesaikan tugas secepatnya karena gangguan bisa datang kapan saja.

 

  • #5. Masalah teknis

 

Jenis gangguan yang terakhir adalah permasalahan teknis. Saat bekerja dari rumah, teknologi menjadi fasilitas pendukung yang krusial. Ketika terdapat permasalahan teknis seperti akses internet terputus atau pemadaman listrik, Anda bakal kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat memilih untuk bekerja di tempat lain, misalnya taman, rumah mertua, kafe, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 5 jenis gangguan yang dapat muncul selama aktivitas WFH dan sekaligus cara mengatasinya. Semoga bermanfaat, ya.

ABOUT THE AUTHOR

admin_vinoti
Creative & Brand Designer for Vinoti, an affiliation to Vivere