31Mar

6 Tren Desain Interior Pusat Perawatan Kesehatan

Industri kesehatan berkembang dengan pesat dan tidak ada tanda-tanda akan melambat. Hal ini membuat pelaku industri ini memikirkan kembali bagaimana ruang fasilitas perawatan kesehatan seharusnya dan suasana seperti apa yang ingin dibangun. Entah itu di ruang pasien, ruang tunggu di pusat medis atau ruang perawatan di klinik gigi, desain interior di perawatan kesehatan tersebut memiliki satu kesamaan yaitu meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pasien dan keluarganya.
Namun, pandemi COVID-19 memberikan tantangan kepada organisasi kesehatan untuk lebih berhati-hati memperhatikan kebersihan, durabilitas fasilitas sambil tetap mempertahankan suasana nyaman bagi pasien dan keluarganya. Pandemi juga melahirkan layanan baru yaitu layanan kesehatan jarak jauh-telehealth, yang akan menjadi layanan tetap, bahkan setelah pandemi berakhir.
Tren desain terbaru dalam perawatan kesehatan sebagian besar difokuskan pada meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kecemasan bagi pasien dan pengunjung, kemudahan mengubah tata letak furnitur yang berbeda, dan meningkatkan kepuasan bagi para tenaga kesehatan.

Berikut 6 tren desain interior pusat perawatan kesehatan yang layak untuk disimak:

1.Petunjuk Area
Fasilitas perawatan kesehatan lama terkenal sangat sulit bagi pengunjung dan pasien untuk mengetahui mereka sedang berada di mana dan bagaimana menuju ke suatu ruang perawatan lain.

Peta dan papan penunjuk arah yang jelas sangat membantu, tapi penggunaan warna bisa menjadi cara lain untuk memisahkan area. Banyak rumah sakit baru mengecat dinding secara berbeda untuk setiap area, menggunakan bahan lantai yang berbeda, atau bahkan menggunakan tema untuk membantu pengunjung dengan mudah mengidentifikasi di mana mereka berada.

2.Resimersial
Tren desain resimersial (penggabungan konsep desain residensial dan komersial) adalah tren desain yang banyak diterapkan oleh banyak industri, tidak terkecuali di industri interior rumah sakit. Perjalanan untuk perawatan ke dokter dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kecemasan bagi banyak orang. Namun estetika suasana seperti di rumah, dapat membuat pasien merasa lebih nyaman, terutama bagi mereka yang perlu dirawat di rumah sakit. Integrasi desain ‘tampilan hunian’ bagi pusat perawatan kesehatan tentu tidak akan meninggalkan unsur ergonomi, kesehatan dan keselamatan, pengendalian infeksi, dan daya tahan.

3.Biofilik
Pendekatan desain ruang terintegrasi dengan alam dikenal dengan istilah desain biofilik. Penggunaan pencahayaan alami, ventilasi alami serta pohon atau karya seni bertema alam dapat membuat bukan hanya pasien merasa lebih nyaman, tetapi juga tenaga kesehatan yang menghabiskan begitu banyak waktu di fasilitas ini.

4.Ruang yang Adaptif
Ruang adaptif adalah kunci untuk memanfaatkan ruangan yang tersedia semaksimal mungkin dan dapat menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan ruang dari waktu ke waktu. Penggunaan furnitur yang serbaguna (seperti sofabed) dan mudah dipindahkan (seperti meja lipat beroda,pembatas ruang dll) adalah salah satu teknik yang bisa digunakan.
Selain itu desain ruang yang adaptif menerapkan konsep ban berjalan yang biasanya diterapkan dalam industri pabrikasi. Konsep ini mengurangi transfer pasien dari satu unit perawatan ke unit perawatan lain. Pembatasan transfer pasien dapat meningkatkan efisiensi operasional rumah sakit serta keselamatan dan kepuasan pasien dan perawat.

5.Telehealth
Untuk menciptakan pengalaman seprofesional mungkin, banyak kantor layanan kesehatan menyediakan ruang yang dirancang dengan baik yang dapat berfungsi sebagai latar belakang untuk panggilan telehealth. Aturan praktis yang baik lainnya adalah menghilangkan gangguan sebanyak mungkin seperti menjaga ruang kerja tetap rapi, mempunyai akustik ruang yang meredam kebisingan dan gema serta pencahayaan yang baik.

6.Merawat Perawat Kesehatan
Fasilitas perawatan kesehatan didesain untuk meningkatkan efisiensi proses di saat bersamaan menyediakan tempat bagi tenaga kesehatan maupun karyawan untuk beristirahat yang dibutuhkan agar dapat meminimalisasi kesalahan, tetap bertenaga serta memberikan pengalaman perawatan kesehatan yang lebih baik kepada pasien.
Ruang serbaguna untuk bersosialisasi dan bersantai bagi tenaga kesehatan dan karyawan dapat disesuaikan untuk penggunaan lainnya seperti ruang telehealth, webinar dll.

VINOTI Office mengamati perkembangan tren desain pusat perawatan kesehatan dan menyediakan kebutuhan furniturnya. VINOTI Office memiliki pendekatan riset dan pengembangan produk yang unik didasari oleh OPTION-menyediakan banyak pilihan furnitur, TREND-mengikuti tren desain furnitur terbaru dan WELLNESS- menggunakan material furnitur yang baik untuk kesehatan (tidak mengandung formaldyhide) dan dengan desain yang ergonomis. Selama 30 Tahun VINOTI Office telah membantu berbagai pelaku industri untuk meningkatkan kenyamanan, produktivitas, dan inspirasi dalam bekerja dengan layanan dan produk terbaik kami.

Konsultasikan kebutuhan pusat perawatan Anda dengan menghubungi :
Phone : +62 816-1896-159 (Jacky)
Email : hello@vinoti.co.id

ABOUT THE AUTHOR

admin_vinoti
Creative & Brand Designer for Vinoti, an affiliation to Vivere